Pada
komputer yang kita gunakan sehari – hari biasanya akan terjadi masalah atau
ketidak normalan. Komputer yang bermasalah tersebut akan ditroubleshooting atau
diatasi permasalahanya. Pada umumnya troubleshooting komputer dibagi menjadi
dua jenis yaitu hardware troubleshooting dan software troubleshooting.
Troubleshooting
hardware biasanya ditandai dengan monitor yang mati, komputer yang tidak mampu
menyala dan banyak lagi contohnya. Sedangkan software troubleshooting
ditandai dengan kinerja komputer yang lambat dan lain – lain. Dan juga
tidak menutup kemungkinan gejala – gejala yang ditimbulkan oleh software
seperti lambatnya kinerja komputer juga bisa dikarenakan permasalahan dari
hardware komputer tersebut.
Cara mengatasi problem atau melakukan
troubleshooting standard pada komputer bisa dikatakan seperti pertolongan
pertaman pada komputer. Menganalisa masalah yang terjadi pada komputer dan
melakukan solusi yang dapat dilakukan pada komputer tersebut.
HARDWARE TROUBLESHOOTING
Dalam
dunia komputer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut
Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya. Pada
kesempatan ini kita akan sedikit belajar untuk mendeteksi masalah pada komputer
terutama yang berhubungan dengan Hardware.
Perangkat keras (hardware) merupakan
salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan
diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam
bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat
kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat
masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya
cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang
disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti
oleh mesin, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin
yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan
susunan perintah yang didapatkan olehnya.terdapat beberapa komponen dasar
komputer yang wajib dimiliki agar beroprasi dengan baik.
Terdapat dua macam teknik dalam
mendeteksi permasalahan dalam komputer, yaitu teknik Forward dan teknik
Backward. Untuk lebih mengenal kedua teknik tersebut, ada baiknya kita bahas
terlebih dahulu definisi dari masing-masing teknik tersebut.
- Teknik Forward
Sesuai dengan namanya, maka dalam
teknik ini segala macam permasalahan dideteksi semenjak awal komputer dirakit
dan biasanya teknik ini hanya digunakan oleh orang-orang dealer komputer yang
sering melakukan perakitan komputer. Pada teknik ini hanya dilakukan
pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan sebelum komputer dinyalakan
(dialiri listrik). Untuk mempermudah silakan simak contoh berikut :
- Setelah komputer selesai dirakit, maka dilakukan pemeriksaan pada semua Hardware yang telah terpasang, misalnya memeriksa hubungan dari kabel Power Supply ke soket power pada Motherboard.
- Untuk casing ATX, kita periksa apakah kabel Power Switch sudah terpasang dengan benar.
- dsb.
- Teknik Backward
Hampir sama dengan teknik sebelumnya,
teknik Backward adalah teknik untuk mendeteksi kesalahan pada komputer setelah
komputer dinyalakan (dialiri listrik). Teknik lebih banyak digunakan karena
pada umumnya permasalahan dalam komputer baru akan timbul setelah “jam terbang”
komputernya sudah banyak dan ini sudah merupakan hal yang wajar. Dapat kita
ambil beberapa contoh sebagai berikut :
- Floppy Disk yang tidak dapat membaca disket dengan baik.
- Komputer tidak mau menyala saat tombol power pada casing ditekan.
- dsb.
1. Power Supply Analisa
Pengukuran
2. Motherboard
3 Speaker
4. RAM Analisa Suara
5. VGA Card + Monitor
6. Keyboard Analisa Tampilan
7. Card I/O
8. Disk Drive
9. Disket
Analisa Pengukuran
Pada tahapan ini, pendeteksian masalah
dengan cara mengukur tegangan listrik pada komponen nomor 1 sampai 3. Gunakan
alat bantu seperti multitester untuk mengukur tegangan yang diterima atau
diberikan komponen tersebut.
Contoh : Mengukur tegangan listrik
yang diterima oleh Power Supply, lalu mengukur tegangan yang diberikan oleh
Power Supply ke komponen lainnya.
Analisa Suara
Pada tahapan ini pendeteksian masalah
menggunakan kode suara (beep) yang dimiliki oleh BIOS dan dapat kita dengar
lewat PC Speaker. Pastikan kabel PC Speaker sudah terpasang dengan baik.
Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5. Untuk mempermudah
pengenalan kode suara tersebut, silakan simak keterangan berikut :
- Bunyi beep pendek satu kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot dengan baik.
- Bunyi beep pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard atau DRAM.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard.
- Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS.
- Bunyi beep panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.
- Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).
- Pada beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi (panas).
Catatan : kode bunyi beep diatas
berlaku pada AWARD BIOS, untuk jenis BIOS yang lain kemungkinan memiliki kode
bunyi beep yang berbeda.
Analisa Tampilan
Pada tahapan ini pendeteksian masalah
cenderung lebih mudah karena letak permasalahan dapat diketahui berdasarkan
pesan error yang ditampilkan di monitor. Kemungkinan letak permasalahan ada di
komponen nomor 6 sampai 9.
Contoh : Pada saat komputer dinyalakan
tampil pesan Keyboard Error, maka dapat dipastikan letak permasalahan hanya
pada Keyboard.
Cara Cepat Mengenali Troubleshooting
- Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9, yaitu pada Keyboard, Card I/O, Disk Drive dan Disket.
- Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5, yaitu RAM, VGA Card dan Monitor.
- Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep, kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen nomor 1 dan 2, yaitu Power Suplly dan Motherboard.
Dengan kedua macam teknik dalam
pendeteksian maslah dalam komputer tersebut, tentunya akan lebih memperkaya
pengetahuan kita di bidang komputer, jadi jika suatu saat terdapat masalah pada
komputer Anda kita dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum membawa
ke tempat servis, kalaupun harus membawa ke tempat servis kita sudah mengerti
letak permasalahannya, jadi kita tidak dibohongi oleh tukang servis yang nakal
Dengan pemahaman troubleshooting
komputer yang lebih dalam tentunya akan lebih mempermudah kita untuk mengetahui
letak permasalahan dalam komputer dan tentunya akan lebih menyenangkan apabila
kita dapat memperbaiki sendiri permasalahan tersebut.
SOFTWARE TROUBLESHOOTING
Jika diamati dengan baik, masalah yang
sering muncul pada software komputer ada 3 kelompok besar.
- Proses POST (Power on Self Test) tidak jalan sempurna, sehingga tidak bisa masuk ke proses operating system. Pada permasalahan ini, komputer tidak mampu menghidupkan komputer sama sekali. Biasanya dikarenakan kesalahan penempatan hadware komputer atau bisa juga hardware komputer yang kita gunakan tidak sesuai dengan aspek komputer kita. Beberapa permasalahan yang sering muncul antara lain:
·
Komputer
mati
·
Komputer
hidup tapi blank atau tidak ada tampilan di layer dan tidak ada aktivitas.
·
Komputer
tidak dapat di setting hardwarenya, setting kacau dan POST tidak jalan
- Proses no 1 diatas baik tetapi boot operating system tidak sempurna sehingga kita tidak bisa sampai ke desktop. Pada kesalahan ini, yang salah bukan penempatan hardware, tapi karena komputer tidak mampu booting.
·
Tidak
dapat booting
·
Kinerja
booting sampai ke windows berlangsung dengan lambat
·
Windows exsploler tidak dapat dijalankan, tidak dapat mengcopy, mengganti nama file dan
lain-lain
- Start menu tidak dapat dijalankan
- Prosedur Shutdown tidak dapat dilaksanakan
- Prosedur Shutdown berhenti sebelum komputer benar-benar mati
1.
Proses
1 dan 2 sempurna hingga ke desktop,
tetapi ada sebagian program berjalan tidak sempurna atau tidak bisa jalan sama
sekali.
- Program tidak ada di start menu, destop
- Program tidak dapat dijalankan
- Kinerja program lambat
- Program selalu meminta CD
- Fungsi-fungsi menu tidak dapat dijalankan
·
Tidak
ditemukan file data, tidak dapat membuka file data atau ekstensi file
data berubah
Cara Mengatasinya
Untuk masalah pertama dan kedua,
langkah yang pertama kita lakukan adalah mengecek semua hardware komputer
apakah sudah terpasang dengan baik. Kemudian jika sudah, cek lagi apakah semua
hardware yang terpasang itu kompatibel atau tidak (terutama memory. Bila terpasang 1/lebih memori
yang tidak kompatibel maka akan error sistem windows corupt, jadi lepaskan dulu
memory yang tidak sejenis). Kalau semuanya sudah benar tapi komputer tetap
tidak bisa hidup, maka cobalah instal ulang sistem operasi di komputer anda.
Selain itu, sering juga terjadi eror pada saat kita melakukan booting. Untuk
mengatasinya kita bisa mengatasinya dengan merepair sistem operasi kita, dengan melakukan langkah – langkah
sebagai berikut:
- Masukkan kaset installer OS anda.
- Masukkan dan boot dari CD anda.
- Pada saat muncul pilihan Install atau Repair, tekan [R] pada pilihan [R=Repair].
- Tekan angka atau lokasi yang benar untuk instalasi windows yang ingin diperbaiki, misalnya [Windows = 1].
- Masuk ke drive CD ROM mis [D: > Enter]
- Ketik [CD i386].
- Kembangkan ke folder: [C:WindowsSystem32ntoskrnl.exe].
- Sistem Operasi baru telah diinstalasi di tempat yang berbeda hanya dengan membuat C:Windows.
- Keluarkan CD ROM dan ketik [Exit].
Untuk yang permasalahan ketiga ini,
banyak sekali cara penyelesaiannya. Tergantung dari jenis kerusakan apa yang
terjadi pada software tersebut. Beberapa permasalahan yang terjadi pada
software komputer tersebut antara lain:
Masalah eror pada program yang sedang berjalan
Komputer membutuhkan perawatan khusus
agar kinerjanya maksimal dan tetap cepat loadingnya. Beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam perawatan komputer diantaranya adalah mengupdate setiap driver yang terpasang
di komputer tersebut secara berkala, misalnya driver sound, driver VGA, driver chipset, dll. Kemudian setelah
semua driver diupdate, ada baiknya kalau komputer didefag secara berkala setiap
2 bulan, degan aplikasi defrag yang tersedia. Selain itu penting juga untuk
mengupdate antivirus yang sudah terinstal dikomputer kita, agar komputer selalu
aman.
Masalah Hardware tidak terdeteksi
oleh komputer.
1. Update Driver
1. Update Driver
2.
Disabled
3.
Uninstall
Pilihan Update driver digunakan untuk melakukan pancarian kembali driver atau melakukan install ulang driver hardware yang mengalami masalah. Pilihan Disabled digunakan untuk
me-nonaktifkan driver hardware yang
sebelumnya aktif. Sedangkan pilihan uninstall digunakan untuk melakukan
penghapusan pada driver yang ada.
Jika
hardware mengalami masalah
yaitu tidak terdeteksi oleh Sistem Operasi, maka anda bisa melakukan
langkah Update Driver. Sebagai
contoh, di bawah ini adalah urutan langkah untuk melakukan proses update driver
tersebut.
- Aktifkan Device Manager dan klik cfwerdari perangkat keras yang akan di update.
- Klik tombol Update Driver. Akan muncul tampilan sebagai berikut.
- Dan tampilan di atas. terlihat dua pilihan yang harus dilakukan sebagai berikut: Install Software Automatically. Dengan pilihan ini, komputer akan melakukan pencarian driver secara otomatis. Install from a list spesific location. Opsi ini dipilih jika Anda sudah memiliki disket atau CD driver dari perangkat ke ras yang dipilih untuk di update drivemya.
- Sebagai contoh, pilih opsi [Install Software Automatically] dan kemudian tekan tombol [Next] untuk melanjutkan proses.
- Proses pencarian driver secara otomatis dilakukan oleh komputer. Jika ditemukan driver yang cocok, maka proses akan berhenti.
- Tetapi jika tidak, maka akan muncul tampilan untuk melakukan pencarian lokasi driver secara manual sebagai berikut.
- Untuk menuju lokasi driver yang diinginkan, klik tombol Browse dan can driver atau folder dimana terdapat lokasi driver tersebut. Dan jika file driver sudah ditemukan, ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan oleh kotak dialog tersebut sampai proses selesai.
Masalah shutdown
berjalan sangat lambat.
Seringkali masalah shutdown yang terlalu lama disebabkan
karena konsekuensi dari perangkat lunak yang dijalankan ketika proses
shutdown dilakukan. Hal lain
yang bisa menyebabkan itu adalah crash
antar perangkat keras yang satu dengan perangkat keras yang lainnya dalam komputer Anda.
Jika menemui masalah seperti di atas, lakukan uji coba dengan trial and error, program atau
perangkat apakah yang menyebabkan hal itu terjadi. Berikut adalah beberapa
analisa yang didapatkan dari berbagai sumber tentang proses shutdown yang
terlalu lambat tersebut.
- Berdasarkan pengalaman, penggunaan service online help pada dari sebuah driver perangkat keras dapat menyebabkan proses shutdown berjalan lambat. Yang pernah terjadi adalah pada komputer yang memiliki driver Nvidia, tepatnya Nvidia Driver Helper. Solusinya adalah matikan service Nvidia Driver Helper tersebut dengan menggunakan [Start > Control Panel > Administrative Tools > Services]. Nvidia Driver Helper tersebut jika aktif akan muncul pada daftar service. Untuk mematikan service tersebut, klik kanan pada status (tepatnya pada tulisan “Started” dan pilih opsi Stop service. Pada tipe service gantilah menjadi Manual.
- Me-nonaktif-kan terminal service juga akan mepercepat proses shutdown komputer. Beberapa ahli mencatat percepatan waktu booting dari 2 menit sampai hanya 10 detik jika Anda menon aktifkan fasilitas tersebut. Perlu dicatat bahwa Terminal Services dibutuhkan jika Anda menjalankan fasilitas Remote Assistance, Fast User Switching, dan Remote Desktop pada Windows XP. Tetapi jika Anda tidak menjalankan aplikasi tersebut maka Terminal service bisa dimatikan. Caranya masih menggunakan menggunakan [Start > Control Panel > Administrative Tools > Services]. Carilah [Terminal service] dan double klik jika ditemukan maka ecara otomatis security system akan menghapus pagefile virtual memori pada saat proses shutdown. Tentu saja hal itu akan memperlambat proses shutdown.
- Anda bisa menon-aktifkan pembersihan page file tersebut dengan menggunakan GPEDIT. Klik [Start > Run…], ketik [GPEDIT.MSC], lalu klik [OK].
- Carilah bagian [Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options]. Jika sudah ketemu pada bagian sebelah kanan cari opsi [Shutdown: Clear virtual memory Pagefile]. Double klik bagian tersebut untuk menonaktifkan lalu pilih [Enabled].
- Cara lain untuk mempercepat proses shutdown adalah dengan menon-aktifkan event log pada proses shutdown komputer. Caranya seperti pada langkah nomor 1 dan 2 masih menggunakan menggunakan [Start > Control Panel > Administrative Tools > Services].Carilah bagian [Event Log] dan double klik jika ditemukan. Pilih opsi [Disabled] pada kotak [startup type].
Masalah komputer restart sendiri.
Untuk
memperbaiki kerusakan komputer dengan indikator Sering Restart secara terus
menerus, kita perlu melakukan tindakan untuk melokalisir kerusakan agar mudah
dalam memperbaikinya. Tindakan melokalisir di sini adalah melokalisir kerusakan
pada perangkat keras atau perangkat lunak. Dengan tindakan ini kita akan
mengetahui dan dapat memastikan bahwa kerusakan kemungkinan besar terjadi pada
perangkat keras maupun perangkat lunak. Melokalisir kerusakan ini untuk
mempermudah dalam proses memperbaiki komputer yang sering restart.
Untuk melokalisir kerusakan, apakah
kerusakan perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunak (software)
silahkan ikuti caranya berikut ini.
- Hidupkan komputer
- Saat komputer mulai menampilkan pesan di monitor, tekan tombol DEL/F2 (untuk masuk ke menu BIOS
- Biarkan tampilan menu BIOS beberapa menit untuk membuktikan bahwa komputer masih tetap restart atau tidak (5 menit).
Setelah melakukan tindakan di atas
maka kita sudah bisa menyimpulkan kerusakan komputer dan kita sudah bisa
melokalisir kerusakan komputer baik pada hardware maupun apda software.
Hasil
Lokalisir yang disimpulkan adalah apabila komputer tidak restart dengan
sendirinya selama 5 menit yang ditargetkan di atas maka kerusakan bisa
dipastikan terjadi pada perangkat Lunak (sistem operasi). Sedangkan apabila
sebelum 5 menit komputer sudah restart dengan sendirinya maka dapat dipastikan
bahwa kerusakan atau permasalahan terjadi pada perangkat keras.
Langkah Penyelesaian Apabila Komputer
Restrat
- Apabila kerusakan pada software sistem opereasi sebaiknya lakukan tindakan repair Operating System yang terinstall, apabila tidak berhasil juga dalam merepair Operating System (OS) maka langkah terakhir harus installasi ulang OS-nya.
- Apabila kerusakan pada perangkat keras maka lakukan perbaikan dengan mencoba untuk mengganti perangkat keras pengganti, seperti mengganti memori yang terpasang dengan memori yang baru, mengganti power supply dengan power supply yang baru atau menanggalkan perangkat keras yang terpasang seperti CD-ROM/DVD-ROM/CD-DVD-RW dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar